jump to navigation

SMA 1 Bengkulu Selatan 7 Desember 2009

Posted by irwansetiawan81 in 1.
trackback

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut diatas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya yaitu di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu dalam pengambangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekolah.
Dalam dokumen ini dipaparkan tentang kurikulum SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan yang secara keseluruhan mencakup :
1. Struktur dan muatan kurikulum.
2. Beban belajar peserta didik.
3. Kalender pendidikan.
4. Silabus.
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

A. Visi dan Misi
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti : perkemnbangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa datang yang diwujudkan dalam visi sekolah sebagai berikut :
“ TERPADU DALAM PRESTASI, BERILMU, DAN BERBUDAYA, BERIMAN, DAN BERTAQWA”
Yang indikasinya sebagai berikut :
1. Unggul dalam perolehan prestasi akademik (NUANM).
2. Unggul dalam seleksi PMDK dan SPMB.
3. Unggul dalam prestasi ekstrakurikuler.
4. Unggul dalam prestasi kegiatan sosial kemasyarakatan.
5. Unggul dalam akhlak keagamaan dan prilaku sopan santun.
6. Unggul dalam pengendalian diri.
7. Unggul dalam penerapan sikap hidup dan asas kepatutan.
8. Unggul dalam berwiraswasta.
Visi tersebut diatas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. Untuk mewujudkan nya sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi nya sebagai berkut :
1. Melaksanakan proses belajar mengajar dan bimbingan secara efektif, sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
2. Menumbuhkembangkan semangat berprestasi, rajin belajar, suka bekerja keras, gemar membaca dan meneliti.
3. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap agama yang dianut dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mengupayakan terciptanya keselarasanantara ilmu dan emosi peserta didik.
5. Menumbuhkan semangat berwiraswasta sesuai dengan potensi dan bakat yang dimiliki siswa.
6. Menetapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan unsur yang terkait dengan kepentingan sekolah.
7. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

B. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanju. Adapun tujuan sekolah SMA negeri 1 Bengkulu Selatan adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan dan menyelenggarakan proses pendidikan yang berorientasi pada target pencapaian efektifitas proses pembelajaran berdasarkan konsep MPMBS.
2. Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kiat dalam mengakomudasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia.
3. Mengelola tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai.
4. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga sekolah yang didasarkan melalui team work yang kompak, cerdas dan dinamis dalam rangka menghasilkan output pendidikan yang tinggi melalui :
a. Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai.
b. Mengembangkan dan meningkatkan adanya partisipasi seluruh warga sekolah dan masyarakat dengan dilandasi sikap tanggung jawab, dan dedikasi.
c. Menciptakan dan mengembangkan system pengelolaan yang transparansi/ terbuka dalam pengambilan keputusan, pengelolaan anggaran dan sebagainya.
d. Program peningkatan mutu, kualitas prestasi output siswa dalam bidang akademik maupun non akademik secara berkelanjutan/ sustainabilitas.
5. Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para siswa dalamrangkan meminimalisir angka drop out.
6. Memberirasa kepuasan bagis seluruh warga sekolah / staf sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
C. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggung jawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan BSNP sebagai berikut :
1. Berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut , sesuai dengan perkembangan remaja.
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangan.
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas prilaku, perbuatan, dan pekerjaannya.
4. Berprestasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, susku, ras, dan golongan sosial ekonomi, dalam lingkungan global.
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
7. Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kretif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
13. Berprestasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
14. Mengekspresikan diri dalam kegiatan seni dan budaya.
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individu maupun kelompok.
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan.
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
19. Memiliki hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
23. Menguasi pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi.

D. Sasaran Program
Kepala sekolah dan para guru serta dengan persetujuan komite sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Sasaran Program Sekolah
Sasaran Program 1 Tahun
(2006/2007)
(program jangka pendek) Sasaran Program 4 Tahun
(2006-2010)
(program jangka menengah) Sasaran Program 8 Tahun
(2006-2014)
(program jangka panjang)
1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 95% 1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 97% 1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 98%
2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 5.0 2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 6.0 2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 7.0
3. 10% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 3. 20% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 3. 50% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.
4. 50% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar. 4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar. 4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar.
5. Memiliki ekstrakurikuler unggulan (KIR, olah raga dan seni) 5. Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai lomba tingkat propinsi 5. Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai lomba tingkat nasional
6. 25% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 6. 40% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 6. 60% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
7. 70% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel. 7. 75% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel. 7. 100% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel.
8. 15% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi. 8. 30% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi. 8. 40% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi.
9. 15% peserta didik mampu melakukan desain grafis. 9. 30% peserta didik mampu melakukan desain grafis. 9. 40% peserta didik mampu melakukan desain grafis.
10. 15% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah 10. 30% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah 10. 40% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1. Melakukan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan.
2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu.
3. Melakukan kerjasama dengan pihak kabupaten dan perusahaan yang ada di wilayah Kab, Bengkulu Selatan untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
4. Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Dikpora Kab. Bengkulu Selatan dalam pengembangan jaringan internet (LAN).
5. Kerjasama dengan Coca-cola Foundation (CCF), Penerbit Erlangga dan Ganesha Exasact serta pihak lain untuk melaksanakan program sekolah di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan, teritama dibidang olahraga, seni dan budaya.
6. Pengadaan laboraturium Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
7. Membentuk kelompok gemar bahasa Inggris.
8. Membentuk kelompok belajar.
9. Pengadaan buku penunjang.
10. Pengadaan komputer.
11. Mengintensifkan kelompok belajar di lingkungan sekolah melalui KIR, dan Olympiade Mata Pelajaran (IMO, ICHO, IBO, IPHO, Komputer, Antariksa, Kebumian, dll).
12. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua.
13. Pelaporan kepada orang tua secara berkala.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada standar nasional pendidikan yang tediri atas : standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut diatas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya yaitu di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu dalam pengambangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekolah.
Dalam dokumen ini dipaparkan tentang kurikulum SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan yang secara keseluruhan mencakup :
1. Struktur dan muatan kurikulum.
2. Beban belajar peserta didik.
3. Kalender pendidikan.
4. Silabus.
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

A. Visi dan Misi
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti : perkemnbangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa datang yang diwujudkan dalam visi sekolah sebagai berikut :
“ TERPADU DALAM PRESTASI, BERILMU, DAN BERBUDAYA, BERIMAN, DAN BERTAQWA”
Yang indikasinya sebagai berikut :
1. Unggul dalam perolehan prestasi akademik (NUANM).
2. Unggul dalam seleksi PMDK dan SPMB.
3. Unggul dalam prestasi ekstrakurikuler.
4. Unggul dalam prestasi kegiatan sosial kemasyarakatan.
5. Unggul dalam akhlak keagamaan dan prilaku sopan santun.
6. Unggul dalam pengendalian diri.
7. Unggul dalam penerapan sikap hidup dan asas kepatutan.
8. Unggul dalam berwiraswasta.
Visi tersebut diatas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. Untuk mewujudkan nya sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi nya sebagai berkut :
1. Melaksanakan proses belajar mengajar dan bimbingan secara efektif, sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
2. Menumbuhkembangkan semangat berprestasi, rajin belajar, suka bekerja keras, gemar membaca dan meneliti.
3. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap agama yang dianut dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mengupayakan terciptanya keselarasanantara ilmu dan emosi peserta didik.
5. Menumbuhkan semangat berwiraswasta sesuai dengan potensi dan bakat yang dimiliki siswa.
6. Menetapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan unsur yang terkait dengan kepentingan sekolah.
7. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

B. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanju. Adapun tujuan sekolah SMA negeri 1 Bengkulu Selatan adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan dan menyelenggarakan proses pendidikan yang berorientasi pada target pencapaian efektifitas proses pembelajaran berdasarkan konsep MPMBS.
2. Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kiat dalam mengakomudasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia.
3. Mengelola tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai.
4. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga sekolah yang didasarkan melalui team work yang kompak, cerdas dan dinamis dalam rangka menghasilkan output pendidikan yang tinggi melalui :
a. Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai.
b. Mengembangkan dan meningkatkan adanya partisipasi seluruh warga sekolah dan masyarakat dengan dilandasi sikap tanggung jawab, dan dedikasi.
c. Menciptakan dan mengembangkan system pengelolaan yang transparansi/ terbuka dalam pengambilan keputusan, pengelolaan anggaran dan sebagainya.
d. Program peningkatan mutu, kualitas prestasi output siswa dalam bidang akademik maupun non akademik secara berkelanjutan/ sustainabilitas.
5. Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para siswa dalamrangkan meminimalisir angka drop out.
6. Memberirasa kepuasan bagis seluruh warga sekolah / staf sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
C. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggung jawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan BSNP sebagai berikut :
1. Berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut , sesuai dengan perkembangan remaja.
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangan.
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas prilaku, perbuatan, dan pekerjaannya.
4. Berprestasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, susku, ras, dan golongan sosial ekonomi, dalam lingkungan global.
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
7. Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kretif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
13. Berprestasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
14. Mengekspresikan diri dalam kegiatan seni dan budaya.
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individu maupun kelompok.
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan.
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
19. Memiliki hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
23. Menguasi pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi.

D. Sasaran Program
Kepala sekolah dan para guru serta dengan persetujuan komite sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Sasaran Program Sekolah
Sasaran Program 1 Tahun
(2006/2007)
(program jangka pendek) Sasaran Program 4 Tahun
(2006-2010)
(program jangka menengah) Sasaran Program 8 Tahun
(2006-2014)
(program jangka panjang)
1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 95% 1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 97% 1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 98%
2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 5.0 2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 6.0 2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 7.0
3. 10% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 3. 20% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 3. 50% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.
4. 50% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar. 4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar. 4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar.
5. Memiliki ekstrakurikuler unggulan (KIR, olah raga dan seni) 5. Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai lomba tingkat propinsi 5. Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai lomba tingkat nasional
6. 25% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 6. 40% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 6. 60% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
7. 70% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel. 7. 75% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel. 7. 100% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel.
8. 15% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi. 8. 30% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi. 8. 40% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi.
9. 15% peserta didik mampu melakukan desain grafis. 9. 30% peserta didik mampu melakukan desain grafis. 9. 40% peserta didik mampu melakukan desain grafis.
10. 15% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah 10. 30% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah 10. 40% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1. Melakukan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan.
2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu.
3. Melakukan kerjasama dengan pihak kabupaten dan perusahaan yang ada di wilayah Kab, Bengkulu Selatan untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
4. Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Dikpora Kab. Bengkulu Selatan dalam pengembangan jaringan internet (LAN).
5. Kerjasama dengan Coca-cola Foundation (CCF), Penerbit Erlangga dan Ganesha Exasact serta pihak lain untuk melaksanakan program sekolah di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan, teritama dibidang olahraga, seni dan budaya.
6. Pengadaan laboraturium Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
7. Membentuk kelompok gemar bahasa Inggris.
8. Membentuk kelompok belajar.
9. Pengadaan buku penunjang.
10. Pengadaan komputer.
11. Mengintensifkan kelompok belajar di lingkungan sekolah melalui KIR, dan Olympiade Mata Pelajaran (IMO, ICHO, IBO, IPHO, Komputer, Antariksa, Kebumian, dll).
12. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua.
13. Pelaporan kepada orang tua secara berkala.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada standar nasional pendidikan yang tediri atas : standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut diatas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya yaitu di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu dalam pengambangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekolah.
Dalam dokumen ini dipaparkan tentang kurikulum SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan yang secara keseluruhan mencakup :
1. Struktur dan muatan kurikulum.
2. Beban belajar peserta didik.
3. Kalender pendidikan.
4. Silabus.
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

A. Visi dan Misi
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti : perkemnbangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa datang yang diwujudkan dalam visi sekolah sebagai berikut :
“ TERPADU DALAM PRESTASI, BERILMU, DAN BERBUDAYA, BERIMAN, DAN BERTAQWA”
Yang indikasinya sebagai berikut :
1. Unggul dalam perolehan prestasi akademik (NUANM).
2. Unggul dalam seleksi PMDK dan SPMB.
3. Unggul dalam prestasi ekstrakurikuler.
4. Unggul dalam prestasi kegiatan sosial kemasyarakatan.
5. Unggul dalam akhlak keagamaan dan prilaku sopan santun.
6. Unggul dalam pengendalian diri.
7. Unggul dalam penerapan sikap hidup dan asas kepatutan.
8. Unggul dalam berwiraswasta.
Visi tersebut diatas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. Untuk mewujudkan nya sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi nya sebagai berkut :
1. Melaksanakan proses belajar mengajar dan bimbingan secara efektif, sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
2. Menumbuhkembangkan semangat berprestasi, rajin belajar, suka bekerja keras, gemar membaca dan meneliti.
3. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap agama yang dianut dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mengupayakan terciptanya keselarasanantara ilmu dan emosi peserta didik.
5. Menumbuhkan semangat berwiraswasta sesuai dengan potensi dan bakat yang dimiliki siswa.
6. Menetapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan unsur yang terkait dengan kepentingan sekolah.
7. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

B. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanju. Adapun tujuan sekolah SMA negeri 1 Bengkulu Selatan adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan dan menyelenggarakan proses pendidikan yang berorientasi pada target pencapaian efektifitas proses pembelajaran berdasarkan konsep MPMBS.
2. Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kiat dalam mengakomudasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia.
3. Mengelola tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai.
4. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga sekolah yang didasarkan melalui team work yang kompak, cerdas dan dinamis dalam rangka menghasilkan output pendidikan yang tinggi melalui :
a. Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai.
b. Mengembangkan dan meningkatkan adanya partisipasi seluruh warga sekolah dan masyarakat dengan dilandasi sikap tanggung jawab, dan dedikasi.
c. Menciptakan dan mengembangkan system pengelolaan yang transparansi/ terbuka dalam pengambilan keputusan, pengelolaan anggaran dan sebagainya.
d. Program peningkatan mutu, kualitas prestasi output siswa dalam bidang akademik maupun non akademik secara berkelanjutan/ sustainabilitas.
5. Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para siswa dalamrangkan meminimalisir angka drop out.
6. Memberirasa kepuasan bagis seluruh warga sekolah / staf sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
C. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggung jawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan BSNP sebagai berikut :
1. Berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut , sesuai dengan perkembangan remaja.
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangan.
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas prilaku, perbuatan, dan pekerjaannya.
4. Berprestasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, susku, ras, dan golongan sosial ekonomi, dalam lingkungan global.
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
7. Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kretif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
13. Berprestasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
14. Mengekspresikan diri dalam kegiatan seni dan budaya.
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individu maupun kelompok.
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan.
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
19. Memiliki hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
23. Menguasi pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi.

D. Sasaran Program
Kepala sekolah dan para guru serta dengan persetujuan komite sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Sasaran Program Sekolah
Sasaran Program 1 Tahun
(2006/2007)
(program jangka pendek) Sasaran Program 4 Tahun
(2006-2010)
(program jangka menengah) Sasaran Program 8 Tahun
(2006-2014)
(program jangka panjang)
1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 95% 1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 97% 1. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 98%
2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 5.0 2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 6.0 2. Target pencapaian rata-rata nilai ujian akhir 7.0
3. 10% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 3. 20% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN. 3. 50% Lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun UMPTN.
4. 50% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar. 4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar. 4. 80% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al,quran dengan baik dan benar.
5. Memiliki ekstrakurikuler unggulan (KIR, olah raga dan seni) 5. Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai lomba tingkat propinsi 5. Ekstrakurikuler unggulan dapat menjuarai lomba tingkat nasional
6. 25% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 6. 40% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 6. 60% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
7. 70% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel. 7. 75% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel. 7. 100% peserta didik dapat mengoperasikan program MS. Word dan MS. Excel.
8. 15% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi. 8. 30% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi. 8. 40% peserta didik mampu mengembangkan sains dan tekhnologi.
9. 15% peserta didik mampu melakukan desain grafis. 9. 30% peserta didik mampu melakukan desain grafis. 9. 40% peserta didik mampu melakukan desain grafis.
10. 15% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah 10. 30% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah 10. 40% peserta didik mampu melakukan budi daya tanaman dan perikanan sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1. Melakukan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan.
2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu.
3. Melakukan kerjasama dengan pihak kabupaten dan perusahaan yang ada di wilayah Kab, Bengkulu Selatan untuk membantu pembiayaan bagi peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
4. Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Dikpora Kab. Bengkulu Selatan dalam pengembangan jaringan internet (LAN).
5. Kerjasama dengan Coca-cola Foundation (CCF), Penerbit Erlangga dan Ganesha Exasact serta pihak lain untuk melaksanakan program sekolah di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan, teritama dibidang olahraga, seni dan budaya.
6. Pengadaan laboraturium Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
7. Membentuk kelompok gemar bahasa Inggris.
8. Membentuk kelompok belajar.
9. Pengadaan buku penunjang.
10. Pengadaan komputer.
11. Mengintensifkan kelompok belajar di lingkungan sekolah melalui KIR, dan Olympiade Mata Pelajaran (IMO, ICHO, IBO, IPHO, Komputer, Antariksa, Kebumian, dll).
12. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua.
13. Pelaporan kepada orang tua secara berkala.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: